Referensi mahrus.net tentang tutorial android, blogging, daftar, kesehatan, komputer, internet, operator update terbaru dan terlengkap setiap hari.

Monday, April 20, 2015

Cara Paling Ampuh Menghapus Virus di HP Android dengan cepat

Cara Paling Ampuh Menghapus Virus di HP Android

Cara Membersihkan Virus di Android - Virus merupakan salah satu mikroba/Bad Script yang membuat program kita tidak berfungsi seperti biasanya, android yang terkena serangan virus akan mengurangi kinerjanya karena virus itu menyebabkan program yang ada di android kita tidak bekerja seperti mestinya dan bila ia terkena terlalu parah maka program itu bisa crash atau rusak kalau sudah seperti itu biasa satu-satunya cara adalah menghapus file/aplikasi yang ada di android kita.

Trik ampuh menghilangkan virus secara total ini sebenarnya sangatlah lebih mudah dibandingkan membasmi virus yang ada pada komputer, karena android ini masih open source jadi lebih gampang ketimbang sistem operasi. Jadi program yang tidak di kenali maka bisa terdeteksi tersendiri, bila file kita crash atau terkena virus maka akan bisa terdeteksi sendiri walau kita tanpa menggunakan software antivirus jadi lebih simple lagi untuk mengatasi masalah virus di android anda.


Cara Membersihkan Virus Pada Android


    Instal AntiVirus


Kasus ini dilakukan pada saat handphone android yang sudah terkena virus, namun tingkat kerusakannya belum begitu parah. Setelah melakukan instalasi AntiVirus, sobat bisa lanjutkan dengan melakukan scanning. Proses scanning ini merupakan langkah pertama. Setelah melakukan scanning biasanya akan muncul pemberitahuan aplikasi mana dan file apa saja yang bermasalah (terinfeksi).

Tunggu sampai proses scanning ini selesai. Setelah itu silahkan lakukan pembersihan virus terlebih dahulu (hapus file yang terkena virus).

    Uninstall Aplikasi yang Bermasalah


Setelah proses pembersihan selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan penghapusan aplikasi atau yang biasa di sebut dengan Uninstall. Mengenai aplikasi apa saja yang perlu di hapus, sobat bisa melihatnya pada list aplikasi yang terkena infeksi pada saat proses scanning selesai. Hapus aplikasi yang terinfeksi maupun aplikasi yang mencurigakan.

Untuk melakukan penghapusan aplikasi (uninstall), silahkan masuk ke Pengaturan –> Aplikasi –> Atur Aplikasi –> Pilih Aplikasi yang akan di Uninstall, selanjutnya pilih Hapus Instalan. Setelah melakukan proses uninstall aplikasi yang bermasalah. seharusnya android sobat sudah kembali dalam keadaan normal.

Kalau memang masih ada tanda – tanda handphone android sobat bermasalah (masih terasa lelet ataupun aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya), kemungkinan handphone sobat terinfeksi virus yang cukup parah. Untuk kasus seperti ini, solusinya adalah melakukan master reset (melakukan pengaturan awal).

    Melakukan Pengaturan Awal (Master Reset)


Proses ini akan menghapus semua aplikasi dan datapada ponsel, jadi berhati – hatilah :) Pastikan sobat telah melakukan backup data – data yang dirasa penting seperti foto, musik dan nomor telfon. Sekali lagi, lakukan backup terlebih dahulu!

Untuk melakukan master reset sobat bisa melakukannya dengan cara masuk ke Pengaturan –> Privasi –> Reset Data Pabrik. Setelah itu akan muncul peringatan Hapus semua data pada penyimpanan USB. Jika sobat tidak ingin data sobat pada memorycard terhapus pastikan Jangan Mencentang “Format Penyimpanan USB“. Ingat, Jangan di centang! Selanjutnya pilih Reset Data Telfon.

    Lakukan Pencegahan


Sebenarnya langkah ini merupakan langkah pertama, tapi sengaja saya letakkan pada poin terakhir karena artikelnya berjudul cara membersihkan virus pada android. Artinya handphone android sudah dalam keadaan terkena virus. Tapi tetap saja langkah pencegahan ini juga penting. Karena jangan sampai handphone yang sudah sobat bersihkan kembali terkena virus lagi.

Cara Mengetahui HP Android Terkena Virus dan Cara Menaggulanginya :

1. Baterai Drop

Habisnya baterai / drop disini bukan dikarenakan dari kerusakan baterai, melainkan karena virus yang bekerja mengirimkan iklan secara otomatis yang tidak kita sadari, padahal anda sedang tidak menggunakan HP Android anda, tidak sedang browsing apalagi membuka aplikasi.

2. Quota Internet Boros

Diakibatkan dari poin pertama (virus mengirimkan iklan) maka otomatis akan memakan banyak kuota internet.

3. Hang

Jika virus beraksi dan poin pertama dan kedua diatas terus berjalan pada HP Android anda maka tentu akan banyak memakan banyak memori RAM sehingga ponsel android akan mudah sekali hang, restart bahkan bisa mati mendadak.

Sekian ya!

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Paling Ampuh Menghapus Virus di HP Android dengan cepat